EKA FITRI AWALIYAH, 1213041026 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII MTs MATHLA’UL ANWAR BINUANGEUN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1987Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1333Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini yaitu pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Binuangeun Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Binuangeun tahun pelajaran 2015/2016 yang memfokuskan pada perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini meliputi RPP, pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas guru dan siswa, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan rekaman berupa vidio. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pembelajaran menulis puisii pada siswa kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Binuangeun Lebak-Banten difokuskan pada tiga komponen antara laian, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menulis puisi memiliki komponen yang terdiri atas identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, sumber belajar, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Semua komponen dalam perencanaan pembelajaran telah dipenuhi guru. Pelaksanaan pembelajaran menulis puis yang meliputi aktivitas guru dan siswa terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan kegiatan penutup telah dilaksanakan guru. Pada proses pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan, dalam pemanfaatan media, guru menggunakan media papan tulis untuk memudahkan pembelajaran menulis puisi. Ketiga kegiatan tersebut telah diselesaikan oleh guru. Aktivitas siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran terdiri atas aktivitas lisan, aktivitas mendengarkan, aktivitas menulis, aktivitas mental, dan aktivitas emosi. Dalam hal ini siswa aktif dalam menjalankan kelima aktivitas tersebut. Penilaian pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan penilaian proses dan penilaian penugasan dalam bentuk portofolio. Penilaian proses dilakukan guru pada saat pembelajaran berlangsung. sedangkan teknik penilaian penugasan dalam bentuk portofolio ini digunakan guru dengan memberikan tugas kepada sisa, tugas tersebut diberikan guru guna mengetahui pemahaman siswa mengenai materi penulisan puisi yang telah diajarkan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 3116294 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Aug 2016 04:53 |
Terakhir diubah: | 27 Aug 2016 04:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23737 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |