ELISA OKTARIANI, 1113034027 (2016) PENERAPAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X.E di SMA NEGERI 1 LAWANG KIDUL PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf Download (19Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1494Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1495Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator Explaining pada siswa kelas X.E di SMA Negeri 1 Lawang Kidul tahun 2015. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.E berjumlah 34 siswa.Waktu penelitian pada semester ganjil dilakukan melalui 3 siklus pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tabel tabulasi frekuensi dan persentase sebagai dasar interpretasi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, Student Facilitator And Explaining ABSTRACT The research purpose is to increase the student activities and learning results through the implementation of cooperative learning model SFAE (Student Facilitator And Explaining) type in X.E class at SMA Negeri 1 Lawang Kidul 2015. This research used classroom action research the method. The research subjects were 34 students of class X.E. The research did in the odd semester using 3 cycles of learning. The data collected by observation, interview, test, and documentation technique. Data analyed by frequency tabulation table and percentage as the basis of interpretation and description. The research indicated: (1) the implementation of Student Facilitator And Explaining type of cooperative learning increase the students learning activities, (2) the implementation of Student Facilitator And Explaining type of cooperative learning increase the students learning results. Keywords: learning activities , learning results, and Student Facilitator And Explaining
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > G Geography (General) > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 9598416 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 06:30 |
Terakhir diubah: | 29 Aug 2016 06:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23741 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |