PENENTUAN ZONA PROSPEK BARU HIDROKARBON DENGAN MELAKUKAN ANALISIS ATRIBUT DAN PERBANDINGAN AMPLITUDO TERHADAP FREKUENSI PADA LAPANGAN “ACE”

MUHAMMAD AMRI SATRIA, 1015051029 (2016) PENENTUAN ZONA PROSPEK BARU HIDROKARBON DENGAN MELAKUKAN ANALISIS ATRIBUT DAN PERBANDINGAN AMPLITUDO TERHADAP FREKUENSI PADA LAPANGAN “ACE”. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (670Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (16Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Eksplorasi minyak dan gas bumi merupakan tahapan pencarian lapangan-lapangan baru yang memiliki cadangan minyak dan gas bumi. Metode yang cukup efektif digunakan di dalam eksplorasi minyak dan gas bumi antara lain adalah metode seismik refleksi dan logging. Mengintegrasikan keduanya akan menghasilkan interpretasi yang lebih akurat dan menyeluruh. Cekungan Jawa Barat Utara menyimpan kandungan sumber daya alam yang melimpah, seperti minyak dan gas bumi. Daerah penelitian secara geologi masuk ke dalam Formasi Massive. Formasi ini didominasi oleh batupasir yang mengandung glaukonit dengan perselingan batulempung dan sedikit batugamping tipis. Batupasir dalam formasi Massive mempunyai pelamparan yang sangat luas dan merupakan reservoir minyak yang sangat penting. Analisis atribut amplitudo dan frekuensi akan diekstrak pada daerah penelitian yang telah diinterpretasi sebelumnya. Daerah yang memiliki respon atribut yang sama dengan lapangan yang telah berproduksi, diperkirakan sebaga zona prospek baru hidrokarbon. Kemudian, dengan melakukan analisis data log pada lapangan yang telah berproduksi akan dapat diperkirakan sifat-sifat fisis batuan pada zona prospek baru hidrokarbon. Penelitian dimaksudkan untuk mencari zona-zona prospek baru hidrokarbon di sekitar lapangan yang telah berproduksi, yang akan berguna bagi pengembangan lapangan ACE. Kata kunci : Atribut, Cekungan Jawa Barat Utara, Formasi Massive, Seismik Refleksi, Logging. DETERMINING HYDORCARBON NEW PROSPECT ZONES WITH ANALYZING ATTRIBUTES AND COMPARING AMPLITUDO TO FREQUENCY IN “ACE” FIELD Gas and oil exploration is a step to find new fields which contain gas and oil reserve. To know a field contains oil and gas reserve has to be done a deep survey and involve several geophysical methods. The methods which are effective to be used in oil and gas exploration are seismic reflection and well logging. Integrating seismic reflection and logging data will resulting a whole and accurate interpretation. North West Java Basin contains abundant resources like oil and gas. Research area geologically included in Massive Formation. This formation was dominated by sandstone which contains glauconit with the alternate of clay and thin limestone. The sandstone in Massive Formation has a wide spreading and is an important oil reservoir. The analysis result of amplitudo and frequency attributes will be extracted into the research area which has been interpretated before. The zones which have same responses as the produced area, allegedly as a hydrocarbon new prospect zones. Then, by analyzing log data from produced area we can estimate physical properties from the prospect zones. The research was aimed to find new prospect zones around the produced area, which can be useful for ACE field development. Key word : Attributes, Logging,Massive Formation, North West Java Basin,Seismic Reflection.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Teknologi (General)
> Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 4477299 . Digilib
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:53
Terakhir diubah: 29 Aug 2016 04:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23743

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir