AGUNG DIAN PUTRA, 1213024001 (2016) HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN TANJUNG SENANG (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (745Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (674Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik self-efficacy siswa, mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan mengetahui hubungan selfefficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar. Sampel penelitian adalah 45 % siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung yang berjumlah 390 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif untuk karakteristik self-efficacy siswa, serta secara statistik menggunakan uji perbedaan Mann-Whitney U Test untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan uji korelasi Kendall’s Tau untuk mengetahui hubungan antara selfefficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung mempunyai self-efficacy “tinggi” (73,26% ± iii 0,43). Self-efficacy antar gender berbeda signifikan dengan nilai self-efficacy siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya korelasi positif antara self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa, yaitu semakin tinggi self-efficacy siswa maka semakin tinggi hasil belajarnya. Ditemukan juga tingkat keeratan hubungan antara selfefficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa adalah “sangat rendah”. Dengan demikian, self-efficacy siswa mempunyai hubungan yang tidak terlalu besar terhadap hasil belajar siswa, sehingga terdapat kemungkinan adanya faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Kata kunci : gender, hasil belajar, self-efficacy
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 6466557 . Digilib |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 03:18 |
Terakhir diubah: | 31 Aug 2016 03:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23759 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |