HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN TANJUNG SENANG (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016)

AGUNG DIAN PUTRA, 1213024001 (2016) HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN TANJUNG SENANG (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (674Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik self-efficacy siswa, mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan mengetahui hubungan selfefficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar. Sampel penelitian adalah 45 % siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung yang berjumlah 390 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif untuk karakteristik self-efficacy siswa, serta secara statistik menggunakan uji perbedaan Mann-Whitney U Test untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan uji korelasi Kendall’s Tau untuk mengetahui hubungan antara selfefficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung mempunyai self-efficacy “tinggi” (73,26% ± iii 0,43). Self-efficacy antar gender berbeda signifikan dengan nilai self-efficacy siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya korelasi positif antara self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa, yaitu semakin tinggi self-efficacy siswa maka semakin tinggi hasil belajarnya. Ditemukan juga tingkat keeratan hubungan antara selfefficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa adalah “sangat rendah”. Dengan demikian, self-efficacy siswa mempunyai hubungan yang tidak terlalu besar terhadap hasil belajar siswa, sehingga terdapat kemungkinan adanya faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Kata kunci : gender, hasil belajar, self-efficacy

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 6466557 . Digilib
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:18
Last Modified: 31 Aug 2016 03:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23759

Actions (login required)

View Item View Item