HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO TIMUR KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016

Reni Octavia, 1213024055 (2016) HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO TIMUR KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (813Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar siswa dan hubungannya dengan prestasi belajar serta faktor yang mempengaruhi cara belajar siswa kelas VIII SMP se-kecamatan Metro Timur tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling berjumlah 327 siswa. Desain penelitian berupa deskriptif korelasional. Data kualitatif berupa cara belajar siswa yang diperoleh dari angket. Data kuantitatif berupa prestasi belajar siswa yang diperoleh dari tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat cara belajar yang diguna- kan siswa yaitu, membaca, mendengar, melihat serta mengucap dan menulis. Siswa yang menggunakan cara belajar membaca adalah sebanyak 44,04%, cara belajar mendengar sebanyak 51,38%, cara belajar melihat sebanyak 1,22% dan cara belajar mengucap dan menulis sebanyak 3,36%. Nilai rata-rata prestasi belajar yang diperoleh siswa yang menggunakan cara belajar membaca 45,34 dengan kategori prestasi cukup, siswa yang menggunakan cara belajar mendengar yaitu 51,53 dengan kategori prestasi cukup. Siswa yang menggunakan cara belajar melihat memperoleh nilai rata-rata prestasi 73,75 dengan kategori tinggi dan siswa yang menggunakan cara belajar mengucap dan menulis dengan rata-rata prestasi 74,77 dengan kategori tinggi. Terdapat korelasi antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,529 dengan kekuatan hubungan yaitu sedang. Terdapat korelasi faktor yang berhubungan dengan cara belajar dengan koefisin korelasi sebesar 0,608 dengan kekuatan hubungan yaitu kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa cara belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar IPA siswa. Kata kunci: cara belajar, kerucut pengalaman Dale, prestasi belajar, faktor belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 4029273 . Digilib
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:25
Last Modified: 31 Aug 2016 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23760

Actions (login required)

View Item View Item