KONTRIBUSI KESEIMBANGAN, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DENGAN HASIL TEMBAKAN HOOK SHOT DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA EKSTRAKULIKULER BASKET SMA N 1 KOTAAGUNG

AGIT PERMANA RAMADAN , 1113051004 (2016) KONTRIBUSI KESEIMBANGAN, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DENGAN HASIL TEMBAKAN HOOK SHOT DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA EKSTRAKULIKULER BASKET SMA N 1 KOTAAGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1675Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1676Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kontribusi keseimbangan, power otot tungkai dan kelentukan pergelangan tangan dan juga untuk mengetahui manakah diantara keseimbangan, daya ledak otot tungkai dan kelentukan pergelangan tangan yang paling besar mempengaruhi dengan hasil tembakan hook shot pada siswa putra ekstrakulikuler basket SMA N 1 Kotaagung. Manfaat dalam penelitian ini agar pembina/ pelatih dapat menjadikan sebagai acuan dalam melatih/ mengevaluasi kemampuan hook shot yang menerapkan unsur fisik keseimbangan, daya ledak otot tungkai dan kelentukan pergelangan tangan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Dengan sampel berjumlah 15 orang. Data dikumpulkan melalui tes keseimbangan dengan Balance One , daya ledak otot tungkai dengan Vertical Jump, kelentukan pergelangan tangan dengan Goniometer, hook shot diambil dengan 5 kali tembakan pada tiap titik, ada 5 titik tembakan sehingga jumlah seluruh tembakan adalah 25 tembakan yang berjarak 2 meter dari ring basket serta analisis data menggunakan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseimbangan memiliki kontribusi sebesar 52,9% terhadap hook shot, daya ledak otot tungkai memiliki kontribusi sebesar 41,7% terhadap hook shot, kelentukan pergelangan tangan memiliki kontribusi sebesar 60,6% terhadap hook shot. Dari ketiga variabel yang diteliti pada penelitian ini ternyata kelentukan pergelangan tangan memberikan kontribusi terbesar terhadap kemampuan hook shot dalam permainan bola basket pada siswa ekstrakulikuler SMA N 1 Kotaagung. Kata Kunci : Hook shot, Keseimbangan, Daya ledak, Kelentukan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: 0733798 . Digilib
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:46
Terakhir diubah: 16 Mar 2022 01:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23762

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir