UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BIG BOOK DI PAUD AL-MUTTAQIEN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

UMI NURKHASANAH, (1113254019) (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BIG BOOK DI PAUD AL-MUTTAQIEN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2329Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2330Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengungkapkan bahasa yang belum berkembang secara optimal dikelompok B Pendidikan Anak Usia Dini Al-muttaqien Bandar Lampung yang berjumlah 20 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus melalui langkahlangkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list). Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan perkembangan yang baik. Hal ini terlihat dari peningkatan data setiap siklus. Pada siklus I kriteria Belum Berkembang (BB) 37,5%, Mulai Berkembang (MB) 31,25%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 13,7 %, Berkembang Sangat Baik (BSB) 17,5%, siklus II Belum Berkembang (BB)16,2%, Mulai Berkembang (MB) 37,5%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 25%, Berkembang sangat baik (BSB) 25,5%, Pada siklus III kriteria Belum Berkembang (BB) 0%, Mulai Berkembang (MB) 1,25%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 26,25% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 72,5%. Berdasarkan indikator yang ingin dicapai, yaitu: “menjawab pertanyaan sesuai isi pertanyaan dengan benar, mengungkapkan keinginan, perasaan, pendapat melalui kalimat sederhana dengan tepat, membuat kalimat sederhana dengan struktur lengkap dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana dengan bahasa yang jelas“, sudah mengalami peningkatan yang signifikan dan berkembang sesuai harapan. Berdasarkan penelitian tersebut dapat direkomendasikan bahwa melalui metode bercerita dengan media Big Book sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengungkapkan bahasa. Kata Kunci : Mengungkapkan bahasa, metode bercerita, media Big Book.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 0501999 . Digilib
Date Deposited: 01 Sep 2016 06:28
Terakhir diubah: 01 Sep 2016 06:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23764

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir