STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X.5 DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Siti Sopiah Arafah, (1423031055) (2016) STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X.5 DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2407Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2408Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran yang menggunakan model TGT dan model NHT. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan sampel dalam penelitian iniyaitu satu kelas. Analisis data menggunakan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa dilihat dari perhatian siswa pada penjelasan guru yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT persentasenya sebesar 12,67 lebih baik dibandingkan model pembelajaran NHT sebesar 12,13, (2) aktivitasbelajar siswa dilihat dari pertanyaan siswa kepada guru yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGTpersentasenya sebesar 10,30 lebih baik dibandingkan model pembelajaran NHT sebesar 9,80, (3) aktivitas belajar siswa dilihat dari jawaban siswa atas pertanyaan guru yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT persentasenya sebesar 12,07 lebih baik dibandingkan model pembelajaran NHT sebesar 11,20, (4) aktivitas belajar siswa dilihat dari partisipasi siswa dalam menyelesaikan tugas kelompok yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGTpersentasenya sebesar 12,13 lebih baik dibandingkan model pembelajaran NHT sebesar 10,93, (5) aktivitas belajar siswa dilihat dari kemampuan menanggapi pertanyaan guru yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGTpersentasenya sebesar 12,05 lebih baik dibandingkan model pembelajaran NHT sebesar 11,00, (6) aktivitas belajar siswa dilihat dari kelengkapan catatan penjelasan guru yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGTpersentasenya sebesar 9,80 lebih baik dibandingkan model pembelajaran NHT sebesar 9,17. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran TGT, Model Pembelajaran NHT abstract The purpose of this study to determine differences in students' learning activities on learning using TGT model and NHT. The method used is a quasi-experimental and sample in this study is one class. Data analysis using t-test two independent samples. The results of this study indicate that: (1) student activity seen from the students' attention on the teacher's explanation that learning using TGT learning model percentage of 12.67 is better than learning model NHT amounted to 12.13, (2) learning activities of students seen from question student to teacher learning using TGT learning model percentage of 10.30 is better than learning model NHT amounted to 9.80, (3) student activity seen from the students' answers to the teacher that learning using TGT learning model percentage of 12.07 more better than learning model NHT at 11.20, (4) students learning activities seen from the students' participation in completing the task group learning using TGT learning model percentage of 12.13 is better than learning model NHT 10.93, (5) the activity seen from the students' learning ability of teachers who responded to questions of learning using TGT learning model percentage of 12.05 is better than learning model NHT amounted to 11.00, (6) student activity seen from the explanatory notes completeness teacher learning using TGT learning model percentage of 9.80 better than learning model NHT at 9.17. Keywords: Activities Learning, Learning Model TGT, Model NHT learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek:
> HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 9702251 . Digilib
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:21
Terakhir diubah: 01 Sep 2016 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23766

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir