PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO PUSAT

HERMIN WIDIYA UTAMI , 1213053056 (2016) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2770Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2771Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Pusat. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa persentase siswa yang tuntas hanya 32% dari 25 orang siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan metode problem solving melalui media visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving melalui media visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori “Cukup”, meningkat pada siklus II menjadi kategori “Baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori “Cukup”, meningkat pada siklus II menjadi kategori “Sangat baik”. Kata kunci: hasil belajar, media visual, metode problem solving

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 1188507 . Digilib
Date Deposited: 05 Sep 2016 04:18
Last Modified: 05 Sep 2016 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23772

Actions (login required)

View Item View Item