PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMANASAN GLOBAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI

BUDI SUSANTO , 1423022003 (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMANASAN GLOBAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3023Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3023Kb) | Preview

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan oleh setiap individu untuk menyikapi permasalahan kehidupan yang dihadapi. Kenyataan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa-siswa Indonesia masih rendah. Keterampilan ini perlu dilatih melalui pemberian stimulus yang menuntut seseorang untuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan multimedia interaktif pemanasan global dengan pendekatan saintifik yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Desain pengembangan dilaksanakan dengan model pengembangan Borg & Gall (1989) yang dilaksanakan dalam empat tahap penelitian, yaitu tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap evaluasi produk. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pringsewu. Multimedia interaktif pemanasan global terdiri atas serangkaian kegiatan pembelajaran, meliputi aktivitas mengamati, mendiskusikan hasil pengamatan, melakukan percobaan, melakukan penalaran dan mengomunikasikan hasil kegiatan pembelajaran. Multimedia interaktif pemanasan global yang dikembangkan memenuhi validitas isi dan ko nstruk, serta efektif meningkat.kan keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0,64. Penggunaan multimedia interaktif pemanasan global lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Tingkat kemenarikan, kemudahan pengoperasian, dan kemanfaatan terhadap multimedia interaktif pemanasan global dengan pendekatan saintifik berturut-turut adalah sangat tinggi (80,49%), tinggi (79,04%), dan sangat tinggi (82,58%). Kata kunci: berpikir kritis, multimedia interaktif, pemanasan global, pendekatan saintifik ABSTRACT Critical thinking skills are greatly needed by each individual to solve the problems. The facts show that the critical thinking skills of Indonesian students still low. These skills need to be trained through a stimulus that requires a students to think critically. The aim of this research was to create interactive multimedia global warming with a scientific approach that can be used to enhance students' critical thinking skills. The Design development implemented Borg & Gall development model (1989) carried out in four stages of the research, namely the information gathering stage, the planning stage, the stage of product development and product evaluation stage. This research was conducted at SMAN 2 Pringsewu. Interactive multimedia global warming consists of a series of learning activities, such as observe, discuss the results of observation, experiment, reasoning, and communicating the results of learning activities. Interactive multimedia global warming which is developed appropriate with the content and construct validity and effectively improve students' critical thinking skills of 0.64. The use of interactive multimedia global warming is more effective than conventional learning. The students' response to the attractiveness, ease of operation and benefit of the interactive multimedia global warming with scientific approach is very high (80.49%), high (79.04%), and very high (82.58%). Keywords: critical thinking, interactive multimedia, global warming, scientific approach

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: Q Science (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: 7247212 . Digilib
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:25
Last Modified: 08 Sep 2016 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23790

Actions (login required)

View Item View Item