HUBUNGAN PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP SAINS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK TUNAS HARAPAN TEMPURAN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016

SYAFURA AUDINA, 1213054083 (2016) HUBUNGAN PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP SAINS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK TUNAS HARAPAN TEMPURAN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (795Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (692Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan kemampuan mengenal konsep sains pada anak usia dini kelompok B di TK Tunas Harapan Tempuran Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan metode eksperimen dengan kemampuan mengenal konsep sains pada anak usia dini kelompok B. Metode yang digunakan adalah metode Korelasional. Populasinya adalah semua siswa kelompok B TK Tunas Harapan Tempuran Lampung Tengah. Variabel bebas yaitu penerapan metode eksperimen (x) sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan mengenal konsep sains (y).Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis uji sperman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara penerapan metode eksperimen dengan kemampuan mengenal konsep sains. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan korelasi spearman rank sebesar 0,702. Kata Kunci: anak usia dini, metode eksperimen, kemampuan mengenal konsep sains ABSTRACT The problem in this research was lack of ability to recognize the science concept of early childhood in group B at Tunas Harapan Tempuran kindergarten Lampung Tengah.. The objective of this research was to find out the relation of application experimental method with the ability to recognize the science concept of early childhood group B. The method that used is correlational’s method. The population is all of students group B at Tunas Harapan Tempuran Lampung Tengah. The independent variabel is application experimental method (x), while the dependent variable is the ability to recognize the science concept (y). The techniques of data collection using observation and documentation. The analyzed of data collection using Spearman Rank test analysis. The result showed that there is a relationship of experimental method application with with the ability to recognize the science concept. This evidenced from the calculation of the Spearman Rank correlation as much as 0,702. Keyword : experimental method, the ability to recognize the science concept.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 3644250 . Digilib
Date Deposited: 09 Sep 2016 07:01
Terakhir diubah: 09 Sep 2016 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23796

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir