RAHAYU, 1323041028 (2016) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN BERPOLA DEDUKTIF SISWA KELAS XII SMA NEGERI I KEBUN TEBU KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG BANDARLAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (39Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2262Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2263Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan bahasa Indonesia dalam karangan berpola deduktif siswa kelas XII SMA Negeri I Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia dalam karangan berpola deduktif siswa kelas XII SMA Negeri I Kebun Tebu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan cara studi teks. Metode ini berupaya mendeskripsikan fakta secara logis penggunaan bahasa Indonesia dalam karangan berpola deduktif siswa kelas XII SMA Negeri I Kebun Tebu. Hasil penelitian menunjukkan masih terdapat ketidaktepatan (a) penggunaan ejaan berupa pemakaian huruf kapital, yaitu penggunaan kapital di awal kalimat, penulisan nama diri, penulisan nama tempat atau geografis didapat 9 data. Penulisan kata depan, yaitu kata di dan ke didapat 7 data berupa kata diluar, dihari, diantaranya, dimana-mana, kesungai, dan dibeberapa tempat. Pemakaian tanda baca berupa tanda koma (,) didapat 8 data. Pemakaian tanda titik dua (:) didapat 3 data berupa kata seperti, yaitu, dan di antaranya yang diikuti tanda titik dua. Penggunaan tanda hubung (-) didapat 1 data berupa penulisan ke-tiga. Pemakian tanda titik (.) didapat 1 data berupa penulisan lambang rupiah (Rp.). Penulisan unsur serapan terdapat 1 data yakni penulisan kata aktifitas seharusnya aktivitas; (b) penggunaan diksi didapat 27 data berupa ketidaktepatan pemakaian diksi seperti yang sudah, dan, segudang, serta, menilai, yang, atau, bisa, dahan, pilar, dengan, adalah, yaitu, dan - juga, manfaat, khasiat,dan dari; (c) penggunaan kalimat tidak efektif, yaitu keutuhan kalimat didapat 3 data; kesejajaran kalimat didapat 2 data berupa kesejajaran predikat dan kesejajaran objek; kefokusan kalimat didapat 12 data; kehematan kalimat didapat 25 data. Implikasi penggunaan bahasa Indonesia dalam karangan berpola deduktif siswa terhadap pembelajaran dapat berupa uraian materi pembelajaran menulis paragraf berdasarkan pola pengembangan deduktif. Kata kunci: penggunaan bahasa, karangan, deduktif, deskriptif ABSTRACT The problem in this research is how the use of Indonesian in patterned deductive essay class XII student of SMAN I Kebun Tebu District West Lampung lessons year 2015/2016. This study aimed to describe the use of the use of Indonesian in patterned deductive essay class XII student of SMAN I Kebun Tebu. The method used is descriptive qualitative study how text. This method seeks to describe the facts logically reveal the use of spelling, diction, and phrase in a patterned deductive essay class XII student of SMAN I Kebun Tebu. The results showed there are inaccuracies (a) the use of capital letters spelling the form of the use at the beginning of the sentence, writing the name himself, writing the name of a place or geographic gained 9 data. Writing preposition, in and to the data obtained in the form of words 7 data, day, among others, everywhere, to the river, and insome places. The use of punctuation such as a comma (,) gained 8 data. The use of a colon (:) acquired three data such as words, that is, and which were followed by a colon. User hyphen (-) gained 1 data in the form of writing all three. The use of a dot (.) gained 1 data in the form of writing rupiah (Rp.). The uptake element there is incorrect data that writing the word activity (aktifitas) should be activity (aktivitas); (b) the use of diction obtained some 27 data such inaccuracy usage diction like that already, and, myriad, and, judging, that is, or, can, branches, pillars, with, was, is, and-well, benefits, efficacy, and of; (c) use of the phrase is not effective, the unity of the sentence obtained 3 data; alignment sentence 2 data obtained equality predicate and object alignment; fokus sentence of data obtained 12; and effectiveness of sentences obtained 25 data. Implications of the use of indonesian in patterned deduktive essay students towards learning can be a scenario description of learning to write a paragraph based on the pattern of development of deduktive. Keywords: language use, essays, deductive, descriptive
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 5063693 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 03:44 |
Terakhir diubah: | 20 Sep 2016 03:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23834 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |