PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAMMATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP TRI SUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN TA:2015/2016

KUSTONO , (0743033026) (2016) PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAMMATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP TRI SUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN TA:2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1570Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1318Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Mata pelajaran Sejarah merupakan matapelajaran yang materinya berisikan peristiwa sejarah masa lalu, sehingga disekolah guru sering terjebak menggunakan metode pengajaran yang digunakan lebih mengarah kepada metode ceramah atau bercerita saja. Padahal kedua metode tersebut dapat mendatangkan kebosanan siswa apabila guru yang memberikan materi tersebut tidak dapat menyesuaikan dengan kondisi atau keadaan siswa selain itu, metode tersebut membuat siswa kurang kreatif menggunakan semua aspek kecerdasannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran sejarah pada siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak nya pengaruh yang signifikan minat belajar sejarah terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jenis pendekatan studi kasus. Adapun pengumpulan data nya menggunakan data angket dan dokumentasi. Analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil Penelitian diperoleh ada pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015 karena nilai thitung > nilai ttabel (6,400 > 1,665). Besarnya pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran IPS adalah sebesar 35,6% adapun sisanya 64,4% dijelaskan oleh sebabsebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini]]

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LA History of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 4283405 . Digilib
Date Deposited: 22 Sep 2016 06:51
Last Modified: 22 Sep 2016 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23841

Actions (login required)

View Item View Item