INDAH AYU PERTIWI , 1213041040 (2016) PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1601Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (676Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas oleh guru Bahasa Indonesia di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Gedong Tataan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas oleh guru Bahasa Indonesia yang terdiri atas (1) prinsip-prinsip pengelolaan kelas, (2) keterampilan pengelolaan kelas, dan (3) penatan ruang kelas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini terdiri atas kegiatan guru mengelola kelas, keterampilan guru mengelola kelas, dan penataan ruang kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, rekaman, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas oleh guru Bahasa Indonesia yang telah dilakukan dan sudah dilaksanakan, guru dengan segenap kemampuannya dapat mengondisikan kelas seefektif mungkin untuk menciptakan pembelajaran kondusif yang terdiri atas tiga proses sebagai berikut, (1) prinsipprinsip pengelolaan kelas, (2) keterampilan pengelolaan kelas, dan (3) penataan ruang kelas. Pada prinsip-prinsip pengelolaan kelas, guru telah melakukan sesuai dengan apa yang terdapat pada prinsip-prinsip pengelolaan kelas yang seharusnya, yaitu hangat dan antusias, bervaiasi, keluwesan, tantangan, penekanan pada halhal positif, dan penanaman disiplin diri. Pada pelaksanaan keterampilan pengelolaan kelas guru sudah melakukan dua keterampilan pengelolaan kelas kepada anak didik di sekolah, yaitu keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal dan keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal, kedua keterampilan tersebut telah dilakukan oleh guru dan sudah dimiliki oleh guru. Indah Ayu Pertiwi Pada penataan ruang kelas, kelas sudah mencerminkan estetika dan perlu ditingkatkan lagi pada kerapiannya. Karena, kerapian penataan ruang kelas sangatlah penting bagi kenyamanan anak didik di dalam kelas untuk menerima materi pelajaran dengan optimal. Kata kunci: pengelolaa kelas, prinsip pengelolaan kelas, keterampilan pengelolaan kelas, penataan ruang kelas.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 0514170 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 07:57 |
Terakhir diubah: | 22 Sep 2016 07:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23843 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |