RASIONALITAS GENERASI MUDA DALAM BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Mahasiswa UNILA Yang Pernah Mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan)

SEPTINI DIANDINI PANDJAITAN, 1216011083 (2016) RASIONALITAS GENERASI MUDA DALAM BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Mahasiswa UNILA Yang Pernah Mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1743Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1568Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rasionalitas generasi muda dalam berwirausaha. Studi kasus penelitian ini pada mahasiswa UNILA yang pernah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sehingga informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dan seluruh informan adalah mahasiswa UNILA. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah kewirausahaan memperkaya ilmu dalam membuat keputusan berwirausaha. Peran dosen cukup besar dalam memotivasi mahasiswa untuk menangkap peluang dan pengelolaan keuangan secara terencana. Mahasiswa yang memiliki rasionalitas dalam berwirausaha memiliki 5 ciri yaitu pola pemikiran sejalan dengan rumusan logis dan matematis, mengenali sifat dasar dan konteks kesempatan berwirausaha, mengenali faktor yang memengaruhi suksesnya berwirausaha, penyediaan modal kerja,perkakas dan alat serta menawarkan usaha kerja sama. Penelitian ini memiliki output berupa strategi bertahan hidup yang berupa sosial ekonomi, relasi dan solidaritas. Kata kunci : rasionalitas, mahasiswa, berwirausaha RATIONALITY YOUNG GENERATION IN ENTREPRENEURSHIP (UNILA Case Studies on Students Who Are Already Taking Entrepreneurship Courses) This study aimed to describe the rationality of the younger generation in entrepreneurship. The case study research on UNILA students who never took a course in entrepreneurship. This study uses a qualitative method. Mechanical determination of informants in this study is purposive so informants in this study amounted to 5 people and all informants are students UNILA. Based on research by the obtained results that the students who are already taking entrepreneurship courses enrich science in making decisions entrepreneurship. The role of the lecturer is large enough to motivate the students to seize opportunities and financial management in a planned manner. Students who have rationality in entrepreneurship has 5 characteristic that is in line with the thinking pattern of logical and mathematical formulas, to recognize the nature and context of entrepreneurship opportunities, identify factors that influence the success of entrepreneurship, provision of working capital, utensils and tools as well as offering business cooperation. This study has an output in the form of a survival strategy in the form of socio-economic, relations and solidarity. Keywords: rationality, students, entrepreneurs

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> HM Sociology
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 9553016 . Digilib
Date Deposited: 23 Sep 2016 06:50
Terakhir diubah: 23 Sep 2016 06:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23847

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir