PENGARUH KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG

AFRIANI , 1213022001 (2016) PENGARUH KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (888Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (735Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang memiliki tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh keterampilan berkomunikasi sains dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang; (2) pengaruh sikap ilmiah dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang; dan (3) pengaruh keterampilan berkomunikasi sains dan sikap ilmiah dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Muhammaadiyah 1 Way Jepara tahun pelajaran 2015/2016 dengan desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh antara keterampilan berkomunikasi sains dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang dengan koefisien determinasi sebesar 25%; (2) terdapat pengaruh antara sikap ilmiah Afriani dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang dengan koefisien determinasi sebesar 44,6%; dan (3) terdapat pengaruh antara keterampilan berkomunikasi sains dan sikap ilmiah dengan menggunakan model problem based learning terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang dengan koefisien determinasi sebesar 46,9%. Kata kunci: keterampilan berkomunikasi sains, penguasaan konsep getaran dan gelombang, sikap ilmiah, problem based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 3048695 . Digilib
Date Deposited: 26 Sep 2016 04:33
Terakhir diubah: 26 Sep 2016 04:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23854

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir