PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK SISWA KELAS V A SD NEGERI 8 METRO SELATAN

ALIFTYA KHAIRUNNISA, 1213053011 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK SISWA KELAS V A SD NEGERI 8 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1358Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1059Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di SD Negeri 8 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe talking stick pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa sebesar 55% kategori “cukup aktif” dan meningkat pada siklus II menjadi 77,5% kategori “aktif”. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif siklus I sebesar 52,5% kategori “cukup baik” meningkat pada siklus II menjadi 80% kategori “baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor pada siklus I sebesar 60% kategori “terampil” meningkat pada siklus II menjadi 85% kategori “sangat terampil”. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 70% kategori “tinggi” meningkat pada siklus II menjadi 85% kategori “tinggi”. Kata kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, talking stick.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 1521970 . Digilib
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:52
Terakhir diubah: 28 Sep 2016 08:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23872

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir