PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 METRO BARAT

LIA WAHIDAH , 1213053063 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3383Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (851Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat. Terdapat 15 orang siswa (58%) dari 26 orang siswa yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 53,89. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 66,04 dengan kategori “baik” meningkat pada siklus II menjadi 75,03 dengan kategori “baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siswa siklus I sebesar 46,15% dengan kategori “sedang” meningkat pada siklus II menjadi 88,46% dengan kategori “sangat tinggi” Kata kunci: hasil belajar, IPS, team games tournament.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 6699573 . Digilib
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:51
Terakhir diubah: 28 Sep 2016 08:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir