RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LAYANAN PENDIDIKAN KOTA BANDAR LAMPUNG

RAHMAN SETIAWAN, 0645031053 (2016) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LAYANAN PENDIDIKAN KOTA BANDAR LAMPUNG. JURUSAN TEKNIK ELEKTRO , FAKULTAS TEKNIK.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (12Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak

Kota Bandar Lampung terus meningkatkan pembangunan di segala bidang untuk menjadi pusat pendidikan, khususnya di Provinsi Lampung. Namun, banyak kendala yang dialami, salah satunya adalah mempromosikan layanan-layanan pendidikan yang ada di kota Bandar Lampung. Masyarakat ingin mencari letak dan informasi suatu layanan pendidikan, namun masyarakat sering kesulitan mendapatkan informasi tersebut. Untuk itu, perlu dirancang suatu sistem informasi geografis yang dapat mengetahui letak dan fasilitas layanan pendidikan yang nantinya dapat memudahkan masyarakat. Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial. Penelitian mengenai Sistem Informasi Geografis Layanan Pendidikan Kota Bandar Lampung bertujuan untuk menghasilkan sistem aplikasi layanan pendidikan berbasis Web. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah Metode Waterfall, dimana ada 5 tahapan yang terdapat pada Metode Waterfall yaitu, Analisis Kebutuhan, Perancangan, Implementasi, Pengujian, dan Pemeliharaan. Data yang digunakan ke dalam sistem sebanyak 150 data yang meliputi, Taman Kanak – Kanak 10 data, Sekolah Dasar Sederajat 48 data, Sekolah Menengah Pertama Sederajat 24 data, Sekolah Menengah Atas Sederajat 14 data, Sekolah Menengah Kejuruan 16 data, Yayasan Pendidikan 22 data, Universitas 5 data, serta Bimbingan Belajar 11 data. Hasil pengujian fungsional admin dan user Sistem Informasi Geografis Layanan Pendidikan Kota Bandar Lampung, menunjukkan bahwa pengujian fungsional telah tercapai. Hasil tersebut didapat dari borang pengujian fungsional admin meliputi fitur login, menambah data, edit data, hapus data, dan melihat data, serta borang pengujian fungsional user yang meliputi mengakses home peta, dan melihat informasi pendidikan yang menyatakan semua fitur atau tampilan sistem berjalan dengan sesuai. Perancangan Sistem Informasi Geografis Layanan Pendidikan dinyatakan berhasil. Dilihat dari hasil UAT (User Acceptance Test) aspek kemudahan didapat penilaian tertinggi 56,67% dengan skala ukur baik, aspek pencapaian tujuan didapat penilaian tertinggi 55% dengan skala ukur baik, dan aspek apresiasi didapat penilaian tertinggi 53,33% dengan skala ukur cukup baik. Kata Kunci : SIG, Web, Pendidikan, Layanan, Bandar Lampung. ABSTRACT Bandar Lampung city continue to promote development in all fields to be the center of education, especially in Lampung province. But, there were many limitations one of which is how promote education services in Bandar Lampung. It people’s wants to find location and information of an education services. But people’s often find it difficult to get the information. There’s a need to design a geographic information system to know educational services and facilities locations. Geographic Information Systems (GIS) is a specialized information system that have spatial information. The study about Geographic Information Systems Education Service in Bandar Lampung aims to produce a Web-based educational services location application method used is Waterfall. There are 5 stages in Waterfall method: Requirements, Design, Implementation, Testing, and Maintenance. There are 150 data included: Kindergarten: 10 data, Elementary School: 48 data, Junior High School: 24 data, Senior High School: 14 data, Vocational High School: 16 data, Education Foundation: 22 data, University: 5 data, and Tutoring Services: 11 data. Results of functional tests admin and user Geographic Information Systems Education Service city of Bandar Lampung shows that functional testing is successful. Functional testing: admin (login, add data, edit data, delete data, and view data) and user (home map and view the educational information) states all features or display system is running appropriately. Geographic Information System Design Education Service declared successful. UAT (User Acceptance Test) ergonomic aspect highest 56.67% measuring good, objectives achievement aspect highest 55% measuring good, and appreciation aspects highest 53.33% measuring enough. Keywords: GIS, Web, Education, Service, Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Teknik Elektro. Rekayasa elektronik Nuklir
> Teknik Elektro. Rekayasa elektronik Nuklir
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 8857305 . Digilib
Date Deposited: 04 Oct 2016 07:42
Terakhir diubah: 04 Oct 2016 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23926

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir