PENGARUH AKTIVITAS BERBICARA DALAM MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X.1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

PUTRI WULANDARI , 1213033061 (2016) PENGARUH AKTIVITAS BERBICARA DALAM MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X.1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1751Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1068Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Berdasarkan penelitian pendahuluan dalam proses pembelajaran kelas X.1 di SMA Negeri 12 Bandar Lampung diketahui bahwa 27 dari 34 siswa hasil belajar kognitif dalam kategori kurang dengan persentase 79,41%. Tidak jauh berbeda, aktivitas berbicara siswa rendah, siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang menuntut siswa untuk aktif dalam diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah ada pengaruh aktivitas berbicara dalam model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif siswa dan apakah ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh aktivitas berbicara dalam model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan rumus korelasi Pearson Product Moment dan Uji Paired Samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh aktivitas berbicara dalam model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif siswa, didapat dari hasil uji hipotesis yaitu rhitung = 0,95 > rtabel = 0,339 dan ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa, didapat dari hasil uji hipotesis yaitu thitung = -17,64 < ttabel = -2,03. Dari penelitian ini dapat disimpulkan ada pengaruh aktivitas berbicara dalam model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X.1 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 dan ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas X.1 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci: aktivitas berbicara, model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), hasil belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 6165833 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2016 06:51
Last Modified: 05 Oct 2016 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23929

Actions (login required)

View Item View Item