PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA SLIDE BERSUARA DENGAN MEDIAGAMBAR KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2015/2016

CINTANTIA RAYA , 1213033016 (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA SLIDE BERSUARA DENGAN MEDIAGAMBAR KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2193Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1341Kb) | Preview

Abstrak

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Slide Bersuara, Media Gambar Hasil Belajar Berdasarkan observasi pendahuluan di SMA Negeri 1 Way Jepara , hanya beberapa siswa yang memperoleh hasil belajar pada Mata Pelajaran Sejarah yang nilainya mampu melewati KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba menggunakan media slide bersuara dan media gambar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan media slide bersuara dengan media gambar dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur tahun ajaran 2015-2016. Guru dalam pembelajarannya hanya menggunakan media gambar. Masih banyaknya siswa yang belum mencapai nilai KKM. Dari permasalahan tersebut perlu adanya alternative solusi yaitu dengan penerapan media pembelajaran yaitu media slide bersuara. Dua kelas yang dipilih sebagai sampel menggunakan purposive sampling yang terdiri dari kelas IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media slide bersuara dan kelas IPS 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis experimental design dan bentuk posstest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan posttest. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah secara manual menggunakan rumus uji T. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media slide bersuara dengan media gambar pada pembelajaran sejarah dan rata-rata hasil posttest media slide bersuara lebih tinggi sebesar 79 dibandingkan rata-rata hasil posttest media gambar sebesar 76,1667 Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan media slide bersuara lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 2353921 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2016 03:02
Last Modified: 22 Nov 2016 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23938

Actions (login required)

View Item View Item