NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SEPENGGAL BULAN UNTUKMU KARYA ZHAENAL FANANI DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Indri Permanasari, 1213041042 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SEPENGGAL BULAN UNTUKMU KARYA ZHAENAL FANANI DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (726Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Nilai-nilai pendidikan apasajakah yang terkandung dalam Novel Sepenggal Bulan Untukmu karya Zhaenal Fanani?; (2) Bagaimana kaitan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Novel Sepenggal Bulan Untukmu karya Zhaenal Fanani dengan bahan ajar sastra di SMA? Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Novel Sepenggal Bulan Untukmu karya Zhaenal Fanani. (2) Kaitan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Novel Sepenggal Bulan Untukmu karya Zhaenal Fanani dengan bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sumber data berupa novel berjudul Sepenggal Bulan Untukmu karya Zhaenal Fanani. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data, yaitu teknik studi pustaka, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis teks. Teknik analisis teks dilakukan dengan langkah-langkah (1) mengidentifikasi data; (2) mengklasifikasi data; (3) mendeskripsikan; (4) menganalisis data; (5) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil analisis kemudian dimanfaatkan sebagai bahan ajar SMA pada kurikulum 2013. Hasil yang dilakukan didapat dari proses analisis sumber data tentang nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Novel Sepenggal Bulan Untukmu yaitu: (1) Nilai pendidikan religi, yang menggambarkan sikap religiusitas atau taat beragama setiap tokoh. (2) Nilai pendidikan moral, yang menggambarkan tingkah-laku, baik-buruk sikap tokoh dalam cerita. (3) Nilai pendidikan sosial, yang menggambarkan hubungan sosial atau interaksi tokoh dengan lingkungan dan tokoh lainnya, dan (4) Nilai pendidikan budaya, yang menggambarkan kebudayaan, adat istiadat, kebiasaan, serta cerita-cerita sejarah dalam cerita. Menyusun bahan ajar dalam bentuk LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas, disesuaikan dengan silabus pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013, pada Kompetensi Dasar (KD) 3.3 yaitu menganalisis teks novel baik secara lisan maupun tulisan. Bagian-bagian LKPD tersebut yaitu; (1) cover/sampul; (2) halaman awal; (3) petunjuk belajar; (4) kompetensi dan indikator; (5) informasi pendukung; (6) paparan isi materi; (7) contoh soal; (8) langkah kerja; dan (9) tugas. Kata kunci: novel, nilai pendidikan, bahan ajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 8095834 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2016 06:38
Last Modified: 05 Oct 2016 06:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23939

Actions (login required)

View Item View Item