PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING JENIS NETWORK TREE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI ISOS.3 DI SMA NEGERI 1 KALIREJO TAHUN AJARAN 2015/2016

EVI YULIANTI , 1213033028 (2016) PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING JENIS NETWORK TREE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI ISOS.3 DI SMA NEGERI 1 KALIREJO TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1150Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1150Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan observasi pendahuluan di SMA Negeri 1 Kalirejo, hanya terdapat 5 siswa yang memperoleh hasil belajar pada Mata Pelajaran Sejarah yang nilainya mampu melewati KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba mengembangkan kreativitas berpikir siswa melalui strategi pembelajaran Concept Mapping jenis Network Tree yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kreativitas berpikir siswa dengan strategi pembelajaran Concept Mapping jenis Network Tree terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI ISOS.3 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kalirejo tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas berpikir siswa dengan strategi pembelajaran Concept Mapping jenis Network Tree terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI ISOS.3 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kalirejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain One Shot Case Study. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung (3,399) > ttabel (2,045), dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif kreativitas berpikir siswa dengan strategi pembelajaran Concept Mapping jenis Network Tree terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI ISOS.3 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kalirejo tahun ajaran 2015/2016.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 4387586 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2016 07:43
Last Modified: 06 Oct 2016 07:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23955

Actions (login required)

View Item View Item