PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PARDASUKA KATIBUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016

SELVY WULAN KHOIRUNNISA, 1213053107 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PARDASUKA KATIBUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1272Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1193Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah hasil belajar keterampilan berbicara siswa yang masih rendah dan guru belum menerapkan model role playing dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 1 Pardasuka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model role playing terhadap keterampilan berbicara siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pardasuka sebanyak 51 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena semua populasi dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 1 Pardasuka. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa yang mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia fokus berbicara menggunakan model role playing pada kelas eksperimen (VA) yaitu 78,69 lebih tinggi dari nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa yang mengikuti metode pembelajaran ceramah pada kelas kontrol (VB) yang hanya mendapat nilai 63,92. Kata Kunci: berbicara, role playing, bahasa Indonesia ABSTRACT The problem of this research was about the student speaking skill learning outcome that still low, and teachers have not applied role playing model in bahasa Indonesia’s learning in V grade of SD Negeri 1 Pardasuka. The purpose of this research was to determine the effect of using role playing model to the students speaking skill. The method that used in this research was quasi-experimental with nonequivalent control group design. The research population was 51 V grade students of SD Negeri 1 Pardasuka. Data collection used observation. Data analysis used the wilcoxon test. The result of data analysis concluded that there was an effect of the use of role playing model to the V grade students speaking skill of SD Negeri 1 Pardasuka. It was indicated by the average score of student speaking skill who took bahasa Indonesia’s learning that focus on spoken using role playing model in the experimental class (VA) that was 78,69, which is higher than the average score of student speaking skill who took lectures teaching method in control class (VB), which only got 63,93. Keywords: speaking, role playing, bahasa Indonesia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 1180618 . Digilib
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:03
Terakhir diubah: 10 Oct 2016 04:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23963

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir