PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016)

LIA LESTARI , 1213024036 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (827Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (665Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan multi representasi terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Natar untuk siswa kelas XI tahun pelajaran 2015/2016, ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok equivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol dan X IPA5 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Data kuantitatif berupa kemampuan kognitif siswa, diperoleh dari pretes dan postes yang dianalisis menggunakan Uji U dan Uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap pendekatan multi representasi diperoleh dari angket dan dianalisis secara deskriptif. Lia Lestari iii Hasil penelitian yang didapatkan, bahwa rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen lebih tinggi (42,03%) dan berbeda signifikan dengan kelas kontrol (19,76%). Hasil uji Mann-whitney U pada pretes p (0,917) < (0,050). Hasil postes menggunakan uji Mann-Whiney U p(0,000) < (0,050) .Nilai N-gain pretes-postes hasil uji t1 (5,738) > tt (1,663) dan t2(12,224) > tt (1,663). Hasil analisis rata-rata nilai N-gain setiap indikator soal pada kelas eksperimen juga mengalami perbedaan yang signifikan pada indikator soal C1 nilai p (0,000) < (0,050), indikator soal C2 t1 (2,530) > tt (1.663) dan t2 (3,412) > tt (1.663) , serta indikator soal C4 p (0,021)<zt (0,050). Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan positif, bahwa penerapan penggunaan pendekatan multi representasi memudahkan siswa dalam berinteraksi dengan teman (88,09%). Sebagian besar siswa (83,33%) menyatakan lebih mudah memahami materi yang dipelajari melalui pendekatan multi representasi dan (92,86%) siswa menyatakan lebih mudah mengerjakan soal-soal setealah belajar menggunakan pendekatan multi representasi. Dengan demikian, penggunaan pendekatan multi representasi dalam pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan hasil kognitif siswa. Kata kunci : kognitif , multi representasi, sistem ekskresi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 1539389 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2016 07:24
Terakhir diubah: 11 Oct 2016 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23983

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir