Ali, ERIKA MIRNA SARI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
2.Cover Dalam.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.Halaman Persetujuan (scan).pdf - Published Version Download (443Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.Halaman Pernyataan (scan).pdf - Published Version Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (73Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (175Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2957Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMA Yadika Bandar Lampung diketahui bahwa pada proses pemebelajarannya belum sesuai dengan KTSP yang proses pembelajarannya harus berpusat pada siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang mampu membimbing siswa dalam menemukan konsep dan mengembangkan keterampilan proses sains siswa yaitu model pembelajaran problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi reaksi redoks dalam meningkatan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Yadika Bandar Lampung tahun pelajaran 2012-2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Penelitian Erika Mirna Sari ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design dan analisis data menggunakan N-gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rerata N-gain keterampilan siswa dalam mengkomunikasikan kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut adalah 0,44 dan 0,62; dan rerata N-gain keterampilan siswa dalam menyimpulkan untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut adalah 0,45 dan 0,60. Kemudian setelah dilakukan, analisis data menggunakan uji t. Diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan model pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan lebih tinggi daripada siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving pada materi reaksi redoks efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan daripada pembelajaran konvensional. Kata kunci: Model pembelajaran problem solving, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 06:51 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 06:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/240 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |