EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN

Ali, ERIKA MIRNA SARI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2.Cover Dalam.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Halaman Persetujuan (scan).pdf - Published Version

Download (443Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Halaman Pernyataan (scan).pdf - Published Version

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (73Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (175Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img] Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2957Kb)

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMA Yadika Bandar Lampung diketahui bahwa pada proses pemebelajarannya belum sesuai dengan KTSP yang proses pembelajarannya harus berpusat pada siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang mampu membimbing siswa dalam menemukan konsep dan mengembangkan keterampilan proses sains siswa yaitu model pembelajaran problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi reaksi redoks dalam meningkatan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Yadika Bandar Lampung tahun pelajaran 2012-2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Penelitian Erika Mirna Sari ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design dan analisis data menggunakan N-gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rerata N-gain keterampilan siswa dalam mengkomunikasikan kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut adalah 0,44 dan 0,62; dan rerata N-gain keterampilan siswa dalam menyimpulkan untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut adalah 0,45 dan 0,60. Kemudian setelah dilakukan, analisis data menggunakan uji t. Diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan model pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan lebih tinggi daripada siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving pada materi reaksi redoks efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan daripada pembelajaran konvensional. Kata kunci: Model pembelajaran problem solving, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 Jan 2014 06:51
Last Modified: 08 Jan 2014 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item