HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SEJARAH SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN2015/2016

Maya Astrina, 1213033047 (2016) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SEJARAH SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2244Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1287Kb) | Preview

Abstrak

Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) atau berpikir berpasangan berbagi adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Siswa dilatih berfikir mandiri, bekerja dalam kelompok kecil dan saling membantu untuk menguasai materi yang dipelajari. Adanya interaksi dalam kelompok pasangan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Seberapa erat model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan aktivitas belajar sejarah siswa di kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keerat hubungan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan aktivitas belajar sejarah siswa di kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling dengan jenis Cluster Random Sampling dengan cara undian terpilihnya X5 dan X7 sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus uji koefisien korelasi Eta (η). Berdasarkan analisis data secara kuntitatif dengan rumus Eta (η) sebesar 0,72 berada pada kekuatan hubungan tinggi atau kuat, hal ini menunjukan bahwa hubungan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan aktivitas belajar sejarah siswa di kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah positif, jika semakin sering model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) digunakan maka semakin tinggi aktivitas belajar sejarah siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: ?? D1 ??
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 9479860 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2016 07:10
Last Modified: 13 Oct 2016 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24011

Actions (login required)

View Item View Item