ARISWAN BARMAWI, 1216041020 (2016) PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL DI KOTA BANDAR LAMPUNG OLEH DINAS PENGELOLAAN PASAR (Studi di Pasar Tradisional Tugu, Kelurahan Kampung Sawah, Kecamatan Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (97Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2317Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1709Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pasar tradisional Tugu di Kota Bandar Lampung memegang peranan penting bagi perekonomian masyarakat di Kota Bandar Lampung, namun pengelolaan pasar yang kurang baik menyebabkan pasar menjadi kumuh dan tidak terawat kebersihannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung dalam mengelola pasar tradisional Tugu di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teori G, Terry yang terdiri dari planning, organizing, actuating, controlling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen Dinas Pengelolaan Pasar dalam mengelola pasar tradisional Tugu belum berjalan dengan baik, seperti dalam planning, organizing, actuating, controlling Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung belum menjalankan fungsi-fungsi manajemen tersebut dengan optimal. Hal ini di karenakan masih banyaknya permasalahan yang terjadi di pasar tradisional Tugu. Rekomendasi yang diberikan peneliti untuk Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung yaitu: (1) Dinas Pengelolaan Pasar sebaiknya berinisiatif membuat inovasi-inovasi dan memberikan gagasan menyangkut permasalahan yang terjadi di seluruh pasar tradisonal yang terdapat di Kota Bandar Lampung. (2) Sebaiknya dinas pengelolaan pasar mengoptimalkan peran masing-masing para pegawai. (3) Sebaiknya dinas pengelolaan pasar memberikan motivasi dan arahan kepada para pegawai. (4) Diperlukan tindak lanjut mengenai permasalahan yang terjadi di pasar tradisonal tersebut seperti menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di pasar tradisional. Kata kunci: Manajemen, fungsi manajemen, pengelolaan pasar tradisional. THE MANAGEMENT OF TRADITIONAL MARKET IN BANDAR LAMPUNG CITY BY MARKET MANAGEMENT AGENCIES (Study In Tugu Traditional Market, Kampung Sawah Village, Sub-District Of East Tanjung Karang, Bandar Lampung City) Tugu traditional market in Bandar Lampung City hold the important role to the people’s economy in Bandar Lampung City, but the market management which not good enough caused the market dirty also caused it clean not maintained. This research aims to describe how the implementation of management functions by Market Management Agencies of Bandar Lampung manage the Tugu Traditional Market in Bandar Lampung. This research used G. Terry’s theory which consist of planning, organizing, actuating and controlling. The method used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques used are interview, observation also documentation. Furthemore, validity of data technique used by researcher is triangulation. The result of this research shows that implementation of managemen functions of Market Management Agencies manage Tugu Traditonal Market is not going well, such as planning, organizing, actuating also controlling which Market Management Agencies not carry that management functions out by optimal way. This caused many problems that happened in Tugu Traditional Market. The recomendations can researcher give to Market Management Agencies of Bandar Lampung City are: (1) Market Management Agencies should to initiative to make inovations also give the idea about all of problems that happened around the existing traditional markets in Bandar Lampung City; (2) Market Management Agencies should to optimize the role of each employee; (3) Market Management Agencies should to give the motivation also input to the employee; (4) need the follow up for this problem that happened in that traditional market like to finish the problems. Keywords: Management, Management Functions, Management of Traditional Market.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > H Social Sciences (General) > JC Political theory |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara |
Pengguna Deposit: | 8567016 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 07:38 |
Terakhir diubah: | 14 Oct 2016 07:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24020 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |