Yunus, LIA ANDRIYANI (2014) PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT ( STM) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN AFEKTIF OLEH SISWA PADA MATERI POKOK PENERAPAN BIOTEKNOLOGI (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IX Semester Ganjil MTs Al-Huda Sidorahayu Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (151Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (203Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (371Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (754Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STM terhadap hasil belajar dan kemampuan afektif siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas IXA dan IXB yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar oleh siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U dengan taraf 5%. Data kualitatif berupa kemampuan afektif siswa dan angket tanggapan siswa terhadap pendekatan STM yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan afektif siswa rata-rata berkriteria baik (80%). Pada aspek bekerjasama dalam mengerjakan LKK ( 87%); mengajukan pertanyaan (84%); dan mengusulkan pendapan dalam diskusi (81%). Lia Andriyani iii Hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes ( 12,5); postest (63,44); N-gain (74,42). Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C4) dengan rata-rata N-gain (48,10). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan pendekatan STM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan STM berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan kemampuan afektif siswa. Kata kunci : hasil belajar, kemampuan afektif, STM, bioteknologi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 24 Jul 2014 02:51 |
Terakhir diubah: | 24 Jul 2014 02:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2403 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |