Ismail, Masani (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA (Pada siswa Kelas VII.1 SMP Muhammadiyah 2 Kalianda) Tahun Pelajaran 2012-2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (372Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (462Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penyebab rendahnya ketuntasan belajar siswa berdasarkan hasil observasi di SMP Muhammadiyah 2 Kalianda adalah rendahnya pemahaman biologi siswa yang masih rendah karena siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Disamping itu masih ada siswa yang kurang memperthatikan saat guru memberikan penjelasan, banyak siswa melakukan kegiatan yang tidak relevan. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa selama pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Kalianda pada semester genap tahun pelajaran 2012-2013 di kelas VII.1 yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan desain peneitian spiral penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam 3 siklus. Kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi,dan refleksi untuk setiap siklus. Data tes hasil belajar diperoleh dari tes tertulis, data aktivitas siswa dianalisis dengan menggunakan indeks aktivitas siswa dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan menghitung skor terhadap hasil observasi aktivitas siswa dan nilai hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus 1 adalah 60,55. Pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 73,33 dan siklus III sebesar 77,99 . Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar sisiwa siklusI 57,30 siklus II 65,11 dan siklus III 72,00 . Dari peningkatan pada setiap siklus dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat diterapkan sebagai pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII.1 SMP Muhammadiyah 2 Kalianda. Kata kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Model TPS. Masani
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 24 Jul 2014 02:51 |
Terakhir diubah: | 24 Jul 2014 02:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2404 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |