Dailami,, MEGASARI (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP ( Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Krui Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
03. COVER DALAM.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
02. ABSTRAK.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
04. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (412Kb) | Preview |
|
|
File PDF
05. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (379Kb) | Preview |
|
|
File PDF
06. PERNYATAAN.pdf Download (245Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (266Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (503Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi terhadap guru Biologi yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Krui Kabupaten Lampung Barat, diketahui bahwa dalam pembelajaran guru lebih dominan menggunakan metode diskusi, siswa kurang optimal dalam memberdayakan potensi yang dimiliki, termasuk kemampuan berpikir kritis (KBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. Desain penelitian adalah group pretest-posttest equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest pada setiap pertemuan, dihitung dengan rumus skor gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 29,67 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain pada kelas kontrol yaitu 24,55. Selain itu, rata-rata indikator KBK siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan 22,2 % lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 70,72; kontrol = 66,52). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan KBK dan akivitas belajar siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. Kata kunci : inkuiri terbimbing, ciri-ciri makhluk hidup, kemampuan berpikir kritis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 24 Jul 2014 02:51 |
Terakhir diubah: | 24 Jul 2014 02:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2405 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |