UJI EFEKTIVITAS ISOLAT Bacillus thuringiensis DARI TANAH NAUNGAN BERINGIN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS LAMPUNG SEBAGAI LARVASIDA Aedes aegypti

AMBAR PRAMESWARI, 1217021008 (2016) UJI EFEKTIVITAS ISOLAT Bacillus thuringiensis DARI TANAH NAUNGAN BERINGIN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS LAMPUNG SEBAGAI LARVASIDA Aedes aegypti. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2717Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2482Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Salah satu spesies bakteri yang dikembangkan untuk pengendalian hayati nyamuk Aedes aegypti adalah Bacillus thuringiensis. Bakteri Bacillus thuringiensis memiliki kristal protein bersifat toksik terhadap nyamuk Aedes aegypti. Penelitian ini dilaksanakan pada Desember 2015–Februari 2016 di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Lampung dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas isolat B. thuringiesis dari tanah naungan beringin di lingkungan Universitas Lampung sebagai larvasida Ae. aegypti. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun secara faktorial. Faktor pertama adalah isolat B. thuringiensis yang diperoleh dari tiga titik naungan beringin yaitu Br(A), Br(B) dan Br(C). Faktor kedua adalah kepadatan B. thuringiensis 2x104 sel/ml (K1), 2x105 sel/ml (K2), 2x106 sel/ml (K3), 2x107sel/ml (K4) dan kontrol (K0), masing-masing perlakuan dilakukan empat kali ulangan. Analisis data menggunakan ANOVA (analysis of variant) pada taraf nyata 5% dan uji lanjut menggunakan LSD (Least Significance Difference) pada taraf nyata 5%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa isolat B. thuringiensis yang digunakan menyebabkan mortalitas terhadap larva Ae. aegypti instar III berkisar antara 2,5-22,5% pengamatan 24 jam setelah perlakuan. Kata kunci : Aedes aegypti, Bacillus thuringiensis, Kristal protein.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 7232936 . Digilib
Date Deposited: 17 Oct 2016 06:57
Terakhir diubah: 17 Oct 2016 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24052

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir