HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

MUTIA SHELA DAMAYANTI, 1213033051 (2016) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2133Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2055Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Konsep diri merupakan pandangan dan sikap individu terhadap dirinya sendiri (Clara, 1988:2). Konsep diri merupakan salah satu aspek afektif yang mempengaruhi pendekatan siswa dalam belajar, sebab siswa memandang dirinya akan mempengaruhi seluruh perilakunya. Terdapat dua macam konsep diri pada diri, yaitu konsep diri positif dan konsep diri negatif. Individu yang memiliki konsep diri positif, dipastikan dapat memiliki keinginan atau motivasi belajar yang tinggi, namun individu dengan konsep diri negatif, biasanya berpandangan bahwa ia tidak mampu dan menyebabkan keinginan atau motivasi belajarnya rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 12 Bandar Lampung, dengan sampel adalah kelas X.4 yang terdiri dari 31 siswa. Alat ukur yang digunakan yaitu angket konsep diri dan angket motivasi belajar sejarah, masing-masing terdiri dari 20 butir pernyataan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan melakukan uji hipotesis normalitas dan uji analisis data menggunakan uji korelasi Spearman. Dari hasil penghitungan data penelitian mengunakan korelasi Spearman di atas dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi adalah sebesar 0,835 yang berarti ada hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci : konsep diri, motivasi belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > D History (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 1814152 . Digilib
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:04
Terakhir diubah: 18 Oct 2016 04:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24064

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir