NUR ASTRI APRILIA, 1013041048 (2016) PEMBELAJARAN PENYUNTINGAN TEKS CERPEN DI KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2283Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2284Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran penyuntingan teks cerpen di kelas XI SMA Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran penyuntingan teks cerpen yang meliputi kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembelajaran penyuntingan teks cerpen di kelas XI SMA Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dan analisis data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, rekaman, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru telah memenuhi kriteria pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013, guru melakukan tiga tahap kegiatan pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada kegiatan perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru, yaitu RPP yang telah sesuai dan memenuhi kriteria dalam instrumen perencanaan pembelajaran penyuntingan teks cerpen. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran meliputi dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan siswa. Pada aktivitas guru terdapat tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pembelajaran penyuntingan teks cerpen dilaksanakan menggunakan pendekatan saintifik yang terdiri atas kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Guru telah melaksanakan dan memenuhi kriteria pembelajaran yang ada dalam instrumen pelaksanaan pembelajaran, dan siswa telah melaksanakan proses belajar dengan menerapkan lima aktivitas yang dituntut dalam kurikulum 2013, yaitu aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Pada kegiatan penilaian pembelajaran, penilaian dan hasil penilaian pembelajaran penyuntingan teks cerpen yang dilakukan oleh guru juga telah memenuhi kriteria penilaian pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Penilaian autentik yang dilakukan oleh guru telah mencakup ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian sikap dilaksanakan melalui observasi dengan berpedoman pada rubrik penilaian sikap. Penilaian pengetahuan dilaksanakan guru melalui tanyajawab secara lisan. Penilaian keterampilan dilaksanakan oleh guru melalui seleksi cerpen yang dibuat oleh siswa. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran penyuntingan teks cerpen di kelas XI SMA Negeri 9 Bandar Lampung telah memenuhi kriteria pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan kegiatan penelitian pembelajaran penyuntingan teks cerpen ini perlu dilakukan untuk melatih siswa secara kritis untuk dapat mengembangkan potensi mereka dalam memproduksi cerpen yang sesuai dengan kriteria pedoman yang berlaku. Kata kunci: cerpen, penyuntingan, pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 7346853 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 07:02 |
Terakhir diubah: | 18 Oct 2016 07:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24074 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |