Ngadiman, RELA KRISTIYAWANTIRELA KRISTIYAWANTIRELA KRISTIYAWANTI (2014) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (237Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (214Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi di kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih sering menggunakan metode ceramah akibatnya kurang merangsang aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media gambar pada materi pokok keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik iii menggunakan uji-t. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media gambar yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yakni mengemukakan pendapat/ide (64,96), bertanya (65,05), bekerjasama dengan teman (77,42), bertukar informasi (82,26), dan mempresentasikan hasil diskusi (75,46). Hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 0,58 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yakni dengan rata-rata N-gain 0,52. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan media gambar. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok keanekaragaman hayati. Kata kunci : Media Gambar, aktivitas belajar, hasil belajar, dan keanekaragaman hayati Rela Kristiyawanti
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 24 Jul 2014 02:56 |
Terakhir diubah: | 24 Jul 2014 02:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2409 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |