PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013)

Ngadiman, RELA KRISTIYAWANTIRELA KRISTIYAWANTIRELA KRISTIYAWANTI (2014) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (237Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (234Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (214Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi di kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih sering menggunakan metode ceramah akibatnya kurang merangsang aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media gambar pada materi pokok keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik iii menggunakan uji-t. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media gambar yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yakni mengemukakan pendapat/ide (64,96), bertanya (65,05), bekerjasama dengan teman (77,42), bertukar informasi (82,26), dan mempresentasikan hasil diskusi (75,46). Hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 0,58 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yakni dengan rata-rata N-gain 0,52. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan media gambar. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok keanekaragaman hayati. Kata kunci : Media Gambar, aktivitas belajar, hasil belajar, dan keanekaragaman hayati Rela Kristiyawanti

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 24 Jul 2014 02:56
Terakhir diubah: 24 Jul 2014 02:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir