DIMENSI METAFIKSI DALAM NOVEL TRILOGI SOEKRAM KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

DIAN PUTRI PANNARAB , 1213041024 (2016) DIMENSI METAFIKSI DALAM NOVEL TRILOGI SOEKRAM KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (720Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah dimensi metafiksi dalam novel Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajarannya di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dimensi metafiksi dalam novel Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan adanya dimensi metafiksi dalam novel Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono. Secara keseluruhan juru cerita dalam novel menggunakan beberapa karakteristik metafiksi yang dijadikan sebagai piranti untuk mengisahkan cerita dalam novel Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono. Piranti metafiksi tersebut yaitu penciptaan biografi penulis imajiner, penyajian karya fiksi tokoh imajiner, pengarang melibatkan diri dengan tokoh fiksi, metafiksi menolak menjadi ‘kehidupan nyata’, menampilkan refleksivitas, penampilan dari penulis sebagai tokoh, kesadaran tokoh bahwa mereka hanyalah tokoh. Dan ditemukan juga anakronisme sebagai piranti yang mendukung dimensi metafiksi tersebut. Rancangan pembelajaran terhadap hasil penelitian, berupa RPP sebagai bahan pembelajaran untuk siswa SMA kelas XII semester genap dengan kompetensi dasar 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Kata kunci : metafiksi, novel, rancangan pembelajaran.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 7700867 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2016 06:55
Last Modified: 19 Oct 2016 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24103

Actions (login required)

View Item View Item