PEMANFAATAN KARTU BERGAMBAR PADA SUB MATERI POKOK INVERTEBRATA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Kelas X Semester Genap SMA Al-Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013)

Mujiarudin, SITI NURHALIMAH (2014) PEMANFAATAN KARTU BERGAMBAR PADA SUB MATERI POKOK INVERTEBRATA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Kelas X Semester Genap SMA Al-Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (378Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (371Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1152Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157Kb) | Preview

Abstrak

Keterampilan berpikir Rasional (KBR ) perlu dimiliki siswa dalam proses pembelajaran. Namun hasil observasi di SMA Al-Kautsar Bandar lampung menunjukkan bahwa keterampilan berpikir rasional siswa yang dikembangkan masih rendah, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KBR siswa. Salah satunya dengan menggunakan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI . Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X6 dan X5 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai N-gain, kemudian iii dianalisis dengan uji t dengan taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif yang dianalisis secara depskriptif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model kooperatif tipe GI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir rasional (thitung (1,412) < ttabel (1,671) ). Selain itu, rata-rata N-Gain KBR siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan dengan kriteria sedang. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen memiliki kriteria tinggi (76,57 %). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI tidak berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan KBR siswa pada sub materi pokok Invertebrata . Kata kunci : GI, Invertebrata, KBR, Media Kartu Bergambar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 24 Jul 2014 02:57
Last Modified: 24 Jul 2014 02:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item