PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MODEL SIMAYANG TIPE II DENGAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP MATTERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

INDA DESNITA, 1213023030 (2016) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MODEL SIMAYANG TIPE II DENGAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP MATTERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1496Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1497Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model SiMaYang tipe II dan discovery learning dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel diambil secara acak dan terpilih kelas X.3 sebagai kelas eksperimen I yang diterapkan model SiMaYang tipe II dan X.6 sebagai kelas eksperimen II yang diterapkan model discovery learning di SMAN 10 Bandar Lampung dari sembilan kelas yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas siswa yang relevan dengan kegiatan pembelajaran pada kelas eksperimen I sebesar 86,30% dengan kategori “sangat tinggi”, sementara pada kelas eksperimen II sebesar 82,59% dengan kategori “sangat tinggi”. Persentase respon positif siswa terhadap model dan perangkat pembelajaran pada kelas eksperimen I sebesar 87,55% dengan kategori “sangat tinggi”, sementara pada kelas eksperimen II sebesar 79,8% dengan kategori “tinggi”. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan efikasi diri siswa setelah pembelajaran pada kedua kelas eksperimen dengan perolehan n-Gain pada kelas eksperimen I sebesar 0,66 dengan kategori “sedang” dan pada kelas eksperimen II sebesar 0,48 dengan kategori “sedang”. Selain itu, adanya peningkatan juga terjadi pada penguasaan konsep siswa di kedua kelas eksperimen, dimana perolehan n-Gain penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen I sebesar 0,71 dengan kategori “tinggi” dan pada kelas eksperimen II sebesar 0,64 dengan kategori “sedang”. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) model pembelajaran SiMaYang Tipe II lebih baik dibandingkan model discovery learning dalam meningkatkan efikasi diri siswa; 2) model pembelajaran SiMaYang Tipe II lebih baik dibandingkan model discovery learning dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Kata Kunci : model pembelajaran SiMaYang Tipe II, model discovery learning, efikasi diri, penguasaan konsep.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 7039626 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2016 07:31
Last Modified: 19 Oct 2016 07:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24117

Actions (login required)

View Item View Item