DIAN AGUSTRIANI, 1313093020 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS V SDN 2 MERAK BATIN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1390Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1393Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi awal terungkap fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru di kelas V SDN 2 Merak Batin masih menggunakan metode ceramah. Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran matematika. Siswa duduk diam saja, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, dan siswa banyak bermain (mengobrol) karena pelajaran dianggap membosankan). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika dengan menggunakan media konkret. Metode penelitian ini adalah, penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian merupakan proses kajian berdaur ulang (siklus) yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan diakhiri refleksi untuk setiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 63 menjadi 80 pada siklus II, demikian juga hasil belajar pada siklus I siswa yang tuntas mencapai 67% menjadi 83% pada akhir siklus ke II. Kata Kunci : Media konkret, aktivitas, hasil belajar dan matematika.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2787298 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:33 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2016 07:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24129 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |