MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS V SDN 2 MERAK BATIN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DIAN AGUSTRIANI, 1313093020 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS V SDN 2 MERAK BATIN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1390Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1393Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan observasi awal terungkap fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru di kelas V SDN 2 Merak Batin masih menggunakan metode ceramah. Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran matematika. Siswa duduk diam saja, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, dan siswa banyak bermain (mengobrol) karena pelajaran dianggap membosankan). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika dengan menggunakan media konkret. Metode penelitian ini adalah, penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian merupakan proses kajian berdaur ulang (siklus) yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan diakhiri refleksi untuk setiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 63 menjadi 80 pada siklus II, demikian juga hasil belajar pada siklus I siswa yang tuntas mencapai 67% menjadi 83% pada akhir siklus ke II. Kata Kunci : Media konkret, aktivitas, hasil belajar dan matematika.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 2787298 . Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2016 07:33
Last Modified: 20 Oct 2016 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24129

Actions (login required)

View Item View Item