Kamsudin, SURI DEWI YANTI (2014) PENGARUH BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (277Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (241Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (251Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (212Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (574Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 28 Bandar Lampung, diketahui bahwa penguasaan materi siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan ajar oleh guru yang masih terbatas saat proses belajar mengajar. Sehingga diperlukan suatu bahan ajar yang dapat meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan bahan ajar leaflet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar leaflet terhadap penguasaan materi dan aktivitas siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa penguasaan materi yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji Mann-Whitney U melalui bantuan program Suri Dewi Yanti iii SPSS 16. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar leaflet yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar leaflet dapat meningkatkan penguasaan materi oleh siswa dengan rata-rata N-gain (59,49) lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan buku pelajaran (27,82). Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan untuk semua aspek yang diamati dengan rata-rata yang lebih tinggi pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol (eksperimen = 78,06; kontrol = 61,33). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar leaflet. Kata kunci : aktivitas belajar, bahan ajar leaflet, penguasaan materi, sistem pernapasan pada manusia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 24 Jul 2014 02:57 |
Terakhir diubah: | 24 Jul 2014 02:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2414 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |