Nurhasanah, 1213033055 (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 SENDANGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1659Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1117Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi dan hasil wawancara pada penelitian pendahuluan Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sendangagung diketahui bahwa motivasi belajar siswa masuk dalam kategori rendah atau kurang. Begitu pula denga hasil belajar kognitif siswa hanya 5 orang dengan persentase (20,83%) yang mampu mencapai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar pada model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sendangagung dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksprimen, dengan desain one group pretest posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini teknik analisis data kuantitatif statistik deskriptif dengan rumus Uji-t dan rumus korelasi pearson dan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis ke 1 yang dihitung dengan rumus uji-t diperoleh hasil thitung (5,20) > ttabel (1,71), dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar pada model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016. Sedangkan hasil uji hipotesis ke 2 yang dihitung dengan rumus uji Paired Samples Test dengan menggunakan program SPSS 17.0 diperoleh nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau 0,000 < 2,069, maka dapat disimpulkan ada peningkatan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest dan apabila rata-rata hasil pretest mengalami peningkatan nilai sebesar 1 satuan, maka posttest akan mengalami peningkatan nilai sebesar 0,47.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 6781772 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 03:28 |
Terakhir diubah: | 25 Oct 2016 03:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24206 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |