PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 SENDANGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Nurhasanah, 1213033055 (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 SENDANGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1659Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1117Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan observasi dan hasil wawancara pada penelitian pendahuluan Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sendangagung diketahui bahwa motivasi belajar siswa masuk dalam kategori rendah atau kurang. Begitu pula denga hasil belajar kognitif siswa hanya 5 orang dengan persentase (20,83%) yang mampu mencapai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar pada model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sendangagung dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksprimen, dengan desain one group pretest posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini teknik analisis data kuantitatif statistik deskriptif dengan rumus Uji-t dan rumus korelasi pearson dan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis ke 1 yang dihitung dengan rumus uji-t diperoleh hasil thitung (5,20) > ttabel (1,71), dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar pada model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016. Sedangkan hasil uji hipotesis ke 2 yang dihitung dengan rumus uji Paired Samples Test dengan menggunakan program SPSS 17.0 diperoleh nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau 0,000 < 2,069, maka dapat disimpulkan ada peningkatan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest dan apabila rata-rata hasil pretest mengalami peningkatan nilai sebesar 1 satuan, maka posttest akan mengalami peningkatan nilai sebesar 0,47.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 6781772 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:28
Terakhir diubah: 25 Oct 2016 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24206

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir