LAXSMI DESIYANA , 1423031034 (2016) ANALISIS DESKRIPTIF KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM RANGKA OPTIMALISASI HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X.7 SMA NEGERI 4 METRO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1650Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (939Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai kemampuan komunikasi interpersonal siswa dan guru pada mata pelajaran sejarah terhadap prestasi belajar kognitif siswa kelasa X. 7 di SMAN 4 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2015-2016. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pokok yaitu angket dan teknik penunjang yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian, keterampilan komunikasi interpersonal (KKI) tidak selalu signifikan terhadap hasil belajar kognitif. Hal ini dapat dilihat dari 25 orang siswa ada 9 orang siswa yang siswa yang memiliki KKI baik terdapat 4 (16%) orang siswa yang memiliki KKM optimal tetapi 5 (20%) orang siswa belum memiliki KKM optimal. Sedangkan ada 9 orang siswa yang memiliki KKI sedang terdapat 5 (20%) orang siswa yang memiliki KKM optimal tetapi 4 (16%) orang siswa belum mencapai KKM optimal. Kemudian siswa yang memiliki KKI yang kurang ada 7 orang siswa terdapat 3 (12%) yang mencapai KKM optimal tetapi 4 (16%) belum mencapai KKM optimal. Kesimpulannya tidak ada relasi antara keterampilan komunikasi interpersonal dengan prestasi belajar kognitif. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, KKM, Prestasi Belajar, Pelajaran Sejarah ABSTRACT This study attempts to generalize the facts in the object regarding the ability of interpersonal communication students and teachers on the history subjects of student’s cognitive learning achievement. The method used descriptive method . Technique data collection using questionnaires, observation, interviews and documentation. The results of the study there were 4 students (16%) having good interpersonal communication skills and reached KKM but there are 5 students (20%) having good interpersonal communication skills but have not reached KKM. Furthermore, 4 students (16%) who had moderate interpersonal communication skills and reach KKM but there are 5 students (20%) who had moderate interpersonal communication skills have not reached KKM. Then students who have less interpersonal communication skills but reached KKM there are 3 students (12%) and 4 students (16%) who have less interpersonal communication skills have not reached KKM. The conclusion is interpersonal communication skills do not relate to cognitive learning achievement. Keywords : Interpersonal Communication, Learning Achievement, KKM, History Lesson
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | 7777901 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 02:03 |
Terakhir diubah: | 26 Oct 2016 02:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24214 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |