OPTIMASI TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PADA PELABUHAN BAKAUHENI PROVINSI LAMPUNG

Oki Endrata Wijaya, 1425011021 (2016) OPTIMASI TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PADA PELABUHAN BAKAUHENI PROVINSI LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (INGGRIS & INDONESIA).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5Mb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2515Kb) | Preview

Abstrak

Pelabuhan Bakauheni terletak di kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung, yang berguna untuk menghubungkan pulau Sumatera dan pulau Jawa, dengan lokasi yang strategis menjadikan Pelabuhan Bakauheni salah satu sentral laut di dunia, namun masih terdapat komponen dan pelayanan yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan dermaga dan komponen yang menyebabkan bertambah atau berkurangnya tingkat pelayanan, serta untuk membuat rekomendasi dalam meningkatkan pelayanan dermaga di pelabuhan Bakauheni Provinsi Lampung, Adapun metodelogi yang digunakan adalah metodologi deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pelayanan dermaga di pelabuhan Bakauheni cukup baik berdasarkan fasilitas yang tersedia dan pelayanan pengguna jasa, khususnya waktu pelayanan di dermaga I (satu) yang mampu melayani sebanyak 24 trip penyebrangan dan dermaga II (dua) sebanyak 23 trip penyeberangan selama 24 jam non-stop, namun dengan tidak beroperasinya dermaga IV telah mengurangi tingkat pelayanan sebanyak 1.813 kapasitas kendaraan, juga diketahui pada hari biasa terjadi penambahan kapasitas sebanyak 2.187 kendaraan, sedangkan dalam waktu 24 jam pelabuhan Bakauheni mampu melayani sebanyak 13.531 kendaraan. Kata kunci : Tingkat Pelayanan, Waktu Pelayanan, Pelabuhan, dan Dermaga. Bakauheni port located in South Lampung Regency of Lampung Province, which is useful to connect between Sumatra and Java island, with the strategic location make Bakauheni port one of central sea in the world, but it still has the component and service that less optimal. This study aims to determine the service level of quay and components that cause the increased or reduced service level, also to make recommendations to improve quay services at the port of Bakauheni in Lampung. The methodology that used was descriptive quantitative method. The results showed that the level of quay service at the port of Bakauheni was good enough based on the available of facilities and the service users, specially for service time at the 1th quay that can serve as many as 24 crossing trip and the 2nd quay as many as 23 crossing trip during 24 hours, but the influence of not operating the IV quay has reduced the level of service as much as 1,813 vehicle capacity, also known on the common day had the addition capacity as much 2,187 vehicles, while within 24 hours Bakauheni port able to serve as much as 13.531 vehicles. Keywords: Service Level , Service Time, Ports, and Quay.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: > Teknologi (General)
> Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik Sipil
Depositing User: 9054340 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2016 07:35
Last Modified: 25 Oct 2016 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24232

Actions (login required)

View Item View Item