IMPLEMENTASI DAN ALTERNATIF MODEL BISNIS BERDASARKAN BUSINESS MODEL CANVAS(STUDI PADA UKM WARUNG NASI UDUK MANG ACIN)

Ahmad Riski Sulaiman, 1216051011 (2016) IMPLEMENTASI DAN ALTERNATIF MODEL BISNIS BERDASARKAN BUSINESS MODEL CANVAS(STUDI PADA UKM WARUNG NASI UDUK MANG ACIN). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERISTAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2483Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2023Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pilihan strategi bisnis yang tepat kepada UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin berdasarkan Business Model Canvas. Tipe penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan snowball sampling. Informan dari penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan konsumen UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian dari identifikasi Business Model Canvas ini dapat memberikan pilihan strategi bisnis yang tepat untuk UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin dimasing-masing elemen. Elemen customer segment perusahaan fokus pada mahasiswa. Elemen value propositions diperlukan peningkatan kenyamanan untuk konsumen dan perluasan lahan parkir. Elemen channel diperlukan cabang usaha baru. Elemen customer relationships perusahaan diperlukan agar karyawan menanggapi konsumen dengan cepat dan ketersediaan fasilitas. Elemen revenue streams UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin berasal dari penjualan barang dan jasa. Elemen key resources perusahaan terdiri dari sumber daya fisik, sumber daya intelektual, sumber daya manusia dan sumber daya finansial. Elemen key activities yang dimiliki terletak pada proses produksi. Elemen key partnerships UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin berasal dari banyak pemasok, maka diperlukan pemasok tetap dan mitra lain. Sedangkan elemen terakhir yakni elemen cost structure dari UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin terdiri dari biaya tetap, biaya variabel dan biaya semi variabel. Staregi yang tepat untuk UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin adalah strategi weakness opportunities atau strategi turn-around. Kata Kunci: Implementasi, Alternatif Model Bisnis, Business Model Canvas, UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin IMPLEMENTATION AND ALTERNATIVE BUSINESS MODELS BASED BUSINESS MODELS CANVAS (A Case Study of UKM WARUNG NASI UDUK MANG ACIN) This study aims to provide the right business strategy options to UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin based Business Model Canvas. This type of research uses descriptive research with a qualitative approach. Informants selection techniques using snowball sampling. Informants of this study is the owner, employees and customers of UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin. Data collection techniques used were semi-structured interviews and documentation. The results of the Business Model Canvas identification can provide the right choice of business strategies for UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin in the Stomach elements. Elements of corporate customer segment focus on students. Element value propositions necessary to increase convenience for consumers. Channel elements needed new business branches. Element customer company relationships necessary so that employees respond to customers quickly and availability of facilities. Element revenue streams derived from the UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin sales of goods and services. Key element of resources company consists of physical resources, intellectual resources, the human resources and financial resources. Owned key element activities lies in the production process. Key elements of the UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin partnerships comes from many suppliers, it is necessary to keep suppliers and other partners such as employers EO. While the last element of the cost structure of the elements UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin consists of fixed costs, variable costs and semi-variable costs. Staregi appropriate for UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin is the weakness opportunities strategy or turn-around strategy. Keywords: Implementation, Alternative Strategies Business, Business Model Canvas, UKM Warung Nasi Uduk Mang Acin.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Administrasi Bisnis
Depositing User: 9536131 . Digilib
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:28
Last Modified: 26 Oct 2016 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24244

Actions (login required)

View Item View Item