ARGUMENTASI DALAM SKRIPSI MAHASISWA S-1 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2015 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN LOGIKA PADA PS-PBSI FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

YINDA DWI GUSTIRA, 1423041038 (2016) ARGUMENTASI DALAM SKRIPSI MAHASISWA S-1 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2015 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN LOGIKA PADA PS-PBSI FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (893Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (701Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah penggunaan elemen dan pola argumen pada skripsi mahasiswa S-1 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung berdasarkan pola argumen Toulmin. Tujuan penelitian ini menganalisis dan mendeskripsikan elemen argumen dan pola argumen yang digunakan mahasiswa S-1 Fakultas Kedokteran tahun 2015 pada latar belakang masalah dalam skripsi, serta mengimplikasikan pada mata kuliah Logika pada PS-PBSI FKIP Universiras Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah latar belakang masalah pada skripsi mahasiswa S-1 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2015. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola penalaran yang digunakan pada skripsi mahasiswa S-1 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung tahun 2015 berpola I. Berdasarkan data, diperoleh bahwa penggunaan elemen ground lebih banyak digunakan oleh mahasiswa dalam penulisan skripsinya dibandingkan dengan kelima jenis elemen yang lainya, elemen ini digunakan sebnayak 25 kali. Elemen claim digunakan sebanyak 9 kali, elemen backing yang digunakan sebagai dukungan dalam memperkuat agumen digunakan 3 kali, penggunaan elemen warrant sebanyak 7 kali, modal qualifier digunakan mahasiswa sebanyak 8 kali dan Rebuttal sebanyak 4 kali dalam penulisan latar belakang masalah. Penulis mengimplikasikan hasil penelitian ini dalam bantuk materi ajar berupa powerpoint dengan materi pokok penalaran pada mata kuliah Logika PS-PBSI FKIP Universiras Lampung. Kata kunci: Argumentasi, elemen argumen, dan materi ajar. abstract Issue addressed in this study is the use of elements and patterns of argument in students’ thesis of bachelor degree in Medical Faculty, University of Lampung based on the pattern of Toulmin argument. The purposes of this study are analyze and describe the elements and the patterns of arguments which is used by students in bachelor degree of Medical Faculty in 2015, then implied it in logic subject at PS-PBSI FKIP, University of Lampung. The method used in this research is qualitative descriptive, with the source of data is the background of problem of students’ thesis in bachelor degree of Medical Faculty, University of Lampung in 2015. The analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study indicated that the pattern of reasoning used in the students’ thesis of bachelor degree in Medical Faculty, University of Lampung in 2015 patterned I. Based on the data, the researcher found that the use of ground elements was more used by students in writing their thesis than the other five types of elements, this element was used 25 times. Claim element was used as much as nine times, a backing element which is used to support the strengthening of argument used three times, the use of warrant element as much as seven times, the modal qualifier used by the students as much as eight times and Rebuttal 4 times in the writing of problem background. The writer implies the result of this research in teaching materials, power point, with the main subject is reasoning in logic subject at PS-PBSI FKIP, University of Lampung. Keywords: argument, argument element, and teaching material

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 7222260 . Digilib
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:28
Terakhir diubah: 26 Oct 2016 04:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24256

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir