PENGEMBANGAN LKS MENULIS PIDATO BERTEMA NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL LAMPUNG UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Evi Maha Kastri, 1423041011 (2016) PENGEMBANGAN LKS MENULIS PIDATO BERTEMA NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL LAMPUNG UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1853Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1134Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This study aims at creating and producing Students' Worksheet (LKS) on writing speeches with the theme of Lampung local wisdom values for the 2nd half term of the 10th grade students of SMA/MA in Lampung Province. This study is conducted with consideration that the role of the school has a strategic position to preserve and develop the values of local wisdom. This theme is developed to improve the knowledge of students by maintaining regional cultural values. The design of this research is developmental research or R&D research. The procedures of the research were done by adapting seven of the ten steps in the procedure of research developed by Borg and Gall with the end product in the form of worksheets (LKS). This research was conducted through observation, interviews, and questionnaires given to the three schools in Lampung province, namely SMA Al Kautsar Bandarlampung, SMA Negeri 1 Way Lima Pesawaran, and MA Daarul Ma'Arif South Lampung, in the academic year 2015/2016. Validation of the design product was made by some relevan experts & peer assessment, and then tested on the high school students. The results showed that the development of teaching materials was based on the needs of students who have difficulties in developing ideas for preparing the text of a speech. Enrichment of the values of local wisdom is intended to bring the contextual issues so that students are easy to develop an idea into writing speeches. Based on the analysis of the learning objectives, assessment of learning resources and teaching materials, then the reseacher developed an LKS themed the values of Lampung local wisdom. The validation test resulted from educational technology experts, linguistics experts, Lampung cultural studies experts, and peer assessment confirmed that LKS or the product was eligible for use in learning for writing text of speech. Furthermore, the test product on the students stated that LKS had a very good/interesting criteria so that ot can be used as a complementary learning materials. Keywords: teaching materials, worksheets, and Lampung local wisdom Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menulis pidato bertema nilai-nilai kearifan lokal Lampung untuk siswa kelas X semester 2 SMA/MA di Provinsi Lampung. Hal ini dilakukan tidak terlepas dari peran sekolah sebagai wadah strategis untuk mengupayakan pelestarian dan pengembangan nilai-nilai kearifan lokal. Pengembangan pendidikan bertema nilai-nilai kearifan lokal Lampung bertujuan untuk meningkatkan wawasan siswa dengan mempertahankan nilai luhur budaya kedaerahan. Rancangan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) atau penelitian pengembangan. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall sehingga didapat produk operasional berupa LKS. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada tiga sekolah di Provinsi Lampung yang meliputi SMA Al Kautsar Bandarlampung, SMA Negeri 1 Way Lima Pesawaran, dan MA Daarul Ma’arif Lampung Selatan, pada tahun pelajaran 2015/2016. Validasi rancangan produk dilakukan oleh ahli/pakar yang relevan dan penilaian teman sejawat, kemudian diujicobakan kepada siswa SMA tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar didasarkan kebutuhan siswa yang kesulitan untuk mengembangkan ide dalam menyusun teks pidato. Pengayaan nilai-nilai kearifan lokal dimaksudkan untuk menghadirkan permasalahan kontekstual sehingga siswa mudah untuk mengembangkan ide menjadi tulisan pidato. Berdasarkan analisis tujuan pembelajaran, kajian sumber belajar dan pemetaan bahan ajar maka dikembangkan LKS bertema nilai-nilai kearifan lokal Lampung. Hasil uji validasi ahli teknologi pendidikan, ahli substansi kebahasaan, ahli budaya Lampung, dan penilaian teman sejawat menyatakan bahwa LKS layak digunakan dalam pembelajaran menulis teks pidato. Selanjutnya, uji coba produk pada siswa menyatakan bahwa LKS masuk pada kriteria sangat baik/menarik sehingga layak untuk dipergunakan sebagai komplemen atau pelengkap pembelajaran. Kata kunci: bahan ajar, LKS, dan kearifan lokal Lampung

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 27 Oct 2016 08:33
Terakhir diubah: 25 Jan 2017 02:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24356

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir